Senin, 25 Oktober 2010

Internet Sehat, untuk Kehidupan yang Lebih Baik :)

Hmmm …
Siapa sih yang nggak kenal internet di zaman sekarang? :)
Semua pasti tahu dong, apa itu internet dan kegunaannya. Perlu bukti? Facebook dan Google bisa jawab :D
Saat ini, situs yang paling banyak digunakan adalah Facebook, sebagai situs jejaring sosial dan Google sebagai media dan akses pencarian yang bisa mengandung segala hal, khususnya untuk saya sebagai pelajar adalah sebagai media edukasi dan pembelajaran.
Media edukasi lainnya juga ada di blog. Blog bisa melatih kita untuk menulis. Menulis apa? Entah, apa saja tulislah dan tuangkan dalam kata-kata yang menurut kita asyik dibaca. Eh, jangan salah, ngeblog itu seru lho. Sangat seru. Blog bisa aja jadi tempat curahan hati kita (baca: diary), tempat kita nuangin emosi kita. Pokoknya, kalau mau berinternet sehat, jangan lupa coba blog! :D

Kembali ke masalah nih --> berinternet sehat. \(^_^)/
Sebenernya saya juga nggak terlalu ngerti apa maksud dari berinternet sehat. Apakah misalnya pas kita lagi sakit, terus kita internetan jadi sembuh dan sehat? (tentu aja bukan) Apakah berinternet itu bikin kita semakin sehat? (sudah pasti enggak).
Jadi, kalau menurut saya, berinternet sehat itu adalah, menggunakan internet dengan benar dan tidak menyalahgunakan kebijakan-kebijakan dari tata cara penggunaan internet yang benar. Maksudnya, internet di sini digunakan sebagai media pemanfaatan pembelajaran, ataupun pendidikan, bukan sebagai media ejek-ejekan, olok-olokan, dan lain sebagainya, bahkan lebih gawatnya lagi, jika sampai terjadi pencemaran nama baik. Pencemaran nama baik memang bukan maksud dan tujuan dari adanya internet, tetapi hal ini sangat sering terjadi.

Maka dari itu, jika kita menggunakan internet, gunakanlah sebaik-baiknya. Jangan menyalahgunakan kebijakan internet. Karena, internet diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia, bukan untuk mempersulit manusia :)
Mungkin memang sulit untuk menerapkan berinternet sehat, karena selalu saja ada manusia yang ‘nakal’ dan tidak mau mencoba menerapkan berinternet sehat demi kepuasan semata. Padahal, jika kita menerapkan berinternet sehat di kehidupan sehari-hari setiap kita menggunakan internet, akan ada banyak keuntungan. Para hacker akan berkurang dan virus-virus yang berasal dari dunia maya juga semakin sedikit. Efeknya? Kita bisa berinternet dengan santai tanpa perlu merasa takut komputer atau laptop kita terkena virus dari internet.

Cobalah untuk berinternet sehat, dan terapkanlah sebuah semboyan di hati kita masing-masing :
SATU ORANG SERIBU PERUBAHAN :)
Satu orang menerapkan gaya berinternet sehat, seribu perubahan hebat akan terjadi dalam dunia maya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar