Rabu, 20 Oktober 2010

Saluran Pencernaan Manusia :D (pelajaran hari ini)

Hari ini hari Rabu , di kelas 8 RSBI 3 , kami sedang belajar tentang SALURAN PENCERNAAN MANUSIA bareng Miss Esti :D

dan sekarang saya ada di kursi sebelah Dewi Eryani dan Yorenva Cahaya plus Ajeng Tary :D

START :
ketika kita makan sesuatu (misalnya kue), masuk ke mulut dan di mulut terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawis :D
pencernaan secara mekanik dilakukan dengan bantuan gigi dan lidah , sedangkan pencernaan secara kimiawis dilakukan dengan bantuan enzim ptialin , yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi zat gula sehingga mudah diserap .

setelah melewati perjuangan yang sangat berat , makanan (bolus) masuk ke kerongkongan . ketika perjalanan masuk itu , epiglotis menutupi saluran ke paru-paru sehingga makanan tidak masuk ke paru-paru :) kemudian makanan dikenai gerakan peristaltis , yaitu gerakan meremas-remas dan mendorong makanan agar gampang masuk ke lambung :)

lalu , abis masuk ke lambung , makanan juga mengalami pencernaan secara kimiawis dan mekanik . makanan ini juga terkena enzim yang diproduksi dinding lambung , yaitu enzim renin , asam lambung , dan enzim pepsin .

kemudian , makanan sedikit demi sedikit masuk ke usus halus . pertama lewat duodenum (usus duabelas jari) , jejunum (usus tengah) , dan ileum (usus penyerap) :D
di usus halus , makanan dicerna lagi lalu sari-sari makanannya diserap dengan vili (jonjot usus halus) , sehingga setelah masuk ke usus besarnya hanya tinggal ampas-ampas makanan saja .

di usus besar , sisa-sisa makanan itu diserap airnya , dan dibusukkan oleh bakteri Escherichia Coli . sisa makanan tidak dipakai beserta gas-gasnya akan dikeluarkan melalui anus , dan proses ini disebut DEFEKASI . proses defekasi ini maksudnya adalah mengeluarkan feses melalui anus .

naaaaah , akhirnya selesai juga :D
bersamaan dengan bel istirahat kedua :)
hehehee

FINISH :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar