Jumat, 09 Agustus 2019

Ayo, #TumpukDiTengah!



Akhir-akhir ini, berbagai jenis gerakan sosial muncul hampir di segala platform media sosial. Entah itu Tw*tter, Fac*book, atau Inst*gram, berbagai postingan dengan topik challenge yang sedang tren menjadi viral dimana-mana. Mulai dari ice bucket challenge, no plastic straw challenge, gerakan #TumpukDiTengah, sampai #ZeroFoodWaste challenge. Tujuannya memang baik, sih, dan tentunya, gerakan-gerakan ini cukup bermanfaat kalau dilakukan dengan benar. Gerakan #TumpukDiTengah, misalnya.

sumber gambar: inovasee.com
Kamu pasti sering, dong, makan di luar rumah. Di restoran cepat saji, di warung kaki lima, atau di warung kopi—yang jelas, makan di luar rumah. Nah, makanan-makanan yang sudah dipesan tentunya disajikan dalam piring, mangkuk, atau alat makan lainnya. Terus, kalau sudah selesai makan, apa yang biasanya kamu lakukan? Langsung angkat kaki dan bayar ke penjualnya, atau ngobrol-ngobrol cantik sebentar, menghabiskan minuman, kemudian angkat kaki dan bayar makanan ke penjualnya? Pilihan pertama dan pilihan kedua adalah kedua hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang setelah selesai makan. Pilihan pertama dilakukan kalau sudah melirik jam tangan dan sadar kalau waktu istirahat makan siang hampir berakhir, dan pilihan kedua dilakukan kalau sedang ngumpul bareng teman-teman sejawat. #okeinitidakpenting.

Rumah makan biasanya beroperasi dari siang hingga malam. Beberapa rumah makan bahkan beroperasi dari pagi-pagi banget hingga dini hari. Luar biasa banget, ya? Belum lagi kalau rata-rata orang yang datang dan makan di tempat lebih dari seratus orang per harinya. Harus buru-buru menyiapkan makanan, minuman, alat-alat makan dan segala-galanya dalam kecepatan sepersekian detik supaya pelanggan nggak kapok karena menunggu lama. Terus apa fungsinya gerakan tumpuk di tengah ini? Tentu saja untuk turut membantu para pramusaji yang bekerja di rumah makan tersebut—setidaknya, supaya pekerjaan mereka bisa dilakukan lebih cepat dan lebih mudah.

sumber gambar: coconut.co
Sambil ngobrol-ngobrol cantik atau menghabiskan minuman yang tersisa setelah selesai makan, kamu bisa menumpuk semua piring dan mangkuk yang kamu gunakan menjadi satu di tengah. Bukan pekerjaan yang sulit dan tentunya, tidak menghabiskan waktu kamu. Tidak ada yang rugi dengan melakukan kegiatan #TumpukDiTengah ini, bukan? Lagipula, tidak ada yang salah dengan menolong pramusaji supaya pelayanan mereka lebih cepat dan lebih mudah, kan?

Yuk, coba dimulai dari sekarang! A little good thing would never kill you, eh? Selamat mencoba gerakan #TumpukDiTengah, dan jangan lupa untuk dibiasakan, ya~!

sumber gambar: Intisari Online

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar